VISI DAN MISI
VISI
Mewujudkan Insan Akademis yang Religius, Unggul, Kompetitif, dan Berbudaya Lingkungan
MISI
- Menerapkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari.
- Menyelenggarakan mutu pendidikan yang optimal dan prima.
- Membangun generasi Gapura Panca Waluya sesuai dengan tahapan perkembangannya.
- Meningkatkan lulusan yang berkualitas.
- Mengoptimalkan budaya bersih, sehat, ramah, aman, nyaman, menyenangkan, dan menerapkan konsep 7R (Recycle, Reuse, Reduce, Replace, Replant, Refill, dan Repair) di lingkungan sekolah.
- Membangun kerja sama nasional dan internasional.
TUJUAN
- Misi pertama : Menerapkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari
a) Tujuan
1) Membentuk karakter religius pada peserta didik.
2) Membiasakan perilaku spiritual dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.
b) Program Kerja
1) Pembiasaan ibadah harian (doa bersama, shalat dhuha/zuhur berjamaah, dll)
2) Peringatan hari besar keagamaan lintas agama
3) Bimbingan rohani dan mentoring keagamaan
4) Integrasi nilai religius dalam mata pelajaran dan kegiatan OSIS - Misi kedua : Menyelenggarakan mutu pendidikan yang optimal dan prima
a) Tujuan
1) Meningkatkan capaian akademik siswa.
2) Menjamin kualitas proses pembelajaran dan asesmen.
3) Meningkatkan kompetensi guru.
b) Program Kerja
1) Pelatihan guru (In House Training, MGMP internal)
2) Penguatan P5 dan Kurikulum Merdeka
3) Layanan bimbingan belajar, remedial, dan pengayaan
4) Pengembangan e-learning dan platform digital sekolah - Misi ketiga : Membangun generasi Gapura Panca Waluya sesuai dengan tahapan perkembangannya
1) Cageur (Sehat fisik dan mental)
a) Tujuan
a. Mewujudkan peserta didik yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik.
b. Membentuk kebiasaan hidup sehat dan seimbang.
c. Menumbuhkan ketahanan diri (resiliensi) dalam menghadapi tekanan sosial dan akademik.
b) Indikator
a. Persentase siswa yang mengikuti kegiatan olahraga minimal 3 kali per minggu.
b. Jumlah siswa yang mengikuti pemeriksaan kesehatan rutin (gigi, mata, kesehatan umum).
c. Tingkat kesadaran siswa terhadap pola hidup sehat (misalnya, konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup).
d. Siswa dapat mengelola stres dan emosi dengan baik, terlihat dari hasil asesmen psikologis atau konseling.
e. Aktivitas ekstrakurikuler yang mendukung kesehatan mental dan fisik meningkat (yoga, meditasi, olahraga).
2) Bageur (Baik akhlaknya/adabnya)
a) Tujuan
a. Menumbuhkan karakter siswa yang beradab, sopan santun, empatik, dan peduli terhadap sesama.
b. Meningkatkan kesadaran moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari.
c. Menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan hormat terhadap guru, orang tua, dan lingkungan.
b) Indikator
a. Frekuensi perilaku sopan santun dan saling menghormati antar siswa dalam lingkungan sekolah.
b. Jumlah laporan positif dari guru dan teman tentang sikap empati dan tolong-menolong.
c. Penurunan kasus pelanggaran aturan yang berhubungan dengan sikap tidak sopan dan bullying.
d. Tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan sosial dan keagamaan yang menguatkan nilai moral.
e. Siswa mampu menunjukkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan.
3) Bener (Sesuai antara ucapan dan perbuatan)
a) Tujuan
a. Mendidik siswa agar menjadi pribadi yang jujur, konsisten, dan memiliki integritas.
b. Membentuk peserta didik yang berprinsip dan dapat dipercaya.
c. Mendorong siswa untuk menjunjung tinggi kebenaran dan berlaku adil.
b) Indikator
a. Jumlah kasus ketidakjujuran (mencontek, plagiarisme, berbohong) rendah atau menurun tiap semester.
b. Siswa mampu menjelaskan dan mempertanggungjawabkan keputusan dan tindakannya dalam diskusi atau refleksi.
c. Tingkat kejujuran dalam pelaporan tugas dan ujian.
d. Sikap konsisten terlihat dalam sikap sehari-hari, seperti menepati janji dan aturan sekolah.
e. Penilaian karakter oleh guru menunjukkan integritas siswa meningkat.
4) Pinter (Cerdas, berpengetahuan, dan kompeten)
a) Tujuan
a. Mengembangkan kecerdasan intelektual dan penguasaan ilmu pengetahuan secara optimal.
b. Meningkatkan kompetensi akademik dan literasi dasar siswa sesuai dengan kurikulum dan tantangan abad 21.
c. Menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat (lifelong learning).
b) Indikator
a. Peningkatan rata-rata nilai akademik per mata pelajaran.
b. Tingkat partisipasi dan prestasi siswa dalam lomba akademik, olimpiade, dan kompetisi sains.
c. Hasil asesmen kompetensi dasar dan lanjutan sesuai kurikulum meningkat.
d. Siswa aktif menggunakan sumber belajar digital dan teknologi untuk menunjang pembelajaran.
e. Pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif melalui tugas proyek dan diskusi kelas.
5) Singer (Cakap, terampil, kreatif, dan inovatif)
a) Tujuan
a. Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah.
b. Meningkatkan keterampilan praktis siswa melalui projek, karya, dan inovasi nyata.
c. Menyiapkan siswa agar memiliki kecakapan hidup (life skills) yang relevan dengan perkembangan zaman.
b) Indikator
a. Jumlah karya kreatif dan inovatif yang dihasilkan siswa, seperti karya seni, teknologi, atau proyek kewirausahaan.
b. Partisipasi siswa dalam pelatihan keterampilan praktis dan ekstrakurikuler meningkat.
c. Penilaian guru terhadap keterampilan praktis siswa meningkat.
d. Siswa menunjukkan kemampuan memecahkan masalah secara kreatif dalam tugas dan kegiatan.
e. Jumlah penghargaan dan pengakuan atas kreativitas dan inovasi siswa di tingkat sekolah maupun luar sekolah. - Misi keempat : Meningkatkan lulusan yang berkualitas
a) Tujuan
1) Meningkatkan capaian akademik dan non-akademik siswa
2) Menyiapkan lulusan yang siap studi lanjut dan memasuki dunia kerja
b) Program Kerja
1) Bimbingan akademik dan karier (BK)
2) Program pelatihan UTBK, SNBT, SNBP, dan beasiswa
3) Layanan alumni dan pemetaan minat-bakat siswa
4) Pelatihan soft skills dan keterampilan abad 21 - Misi kelima : Mengoptimalkan budaya bersih, sehat, ramah, aman, nyaman, menyenangkan dan menerapkan konsep 7R
a) Tujuan
1) Mewujudkan sekolah sebagai lingkungan belajar yang sehat dan lestari
2) Menanamkan budaya peduli lingkungan kepada warga sekolah
b) Program Kerja
1) Program Sekolah Adiwiyata dan PHBS
2) Gerakan Jumat Bersih dan bank sampah sekolah
3) Edukasi dan praktik langsung 7R di lingkungan sekolah
4) Pengembangan taman sekolah dan green area - Misi keenam : Membangun kerja sama nasional dan internasional
a) Tujuan
1) Meningkatkan jejaring kemitraan untuk mendukung pengembangan sekolah
2) Memperluas wawasan global guru dan siswa
b) Program Kerja
1) MoU dengan perguruan tinggi, lembaga, dan DUDI
2) Program pertukaran pelajar atau virtual exchange
3) Kolaborasi webinar, lomba, dan pelatihan antar-sekolah
4) Kerja sama dengan alumni dan organisasi profesional
HARAPAN
-
SMAN 2 Lembang : Future is Brighter
-
Sekolah Kita : Akar Kuat, Karakter hebat, Sekolah Bermartabat